Selasa, 12 Juni 2012

Talam Singkong






Menurut catatan saya resep ini saya ambil dari sajian sedap, dengan judul "Bingka Singkong" tapi pas mau upload keblog ga nemu linknya. Jadi saya tulis aja berdasarkan catatan dibuku saya.

Bahan I:
300 gram singkong parut kasar, diperas jadi 250gr
125 gram gula merah
100 gram gula pasir
150 ml air
2 lbr daun pandan
30 gram terigu
50 gram kelapa setengah tua parut kasar

1/4 sendok teh garam
1 butir telur kocok lepas

Bahan Topping :
20 gram terigu
10 gram tepung beras
1/4 sdt garam

250 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Cara Pengolahan :
  1. Bahan 1 :Rebus gula merah, gula pasir dan daun pandan sampai gula larut, saring dan dinginkan.
  2. Campur semua bahan dengan sirup gula, lalu aduk rata
  3. Tuang adonan kedalam loyang yang diolesi minyak (saya pakai loyang 20x20x4cm).
  4. Kukus 20 menit sampai setengah matang. 
  5. Bahan Topping : Aduk rata bahan topping lalu dimasak sampai mengental lalu tuang diatas adonan singkong dan kukus kembali selama 15 menit. (Cara ini versi saya, original resep tidak memasak topping sampai mengental melainkan langsung menuangkannya keatas adonan singkong lalu kukus 15 menit smp matang).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar