Jumat, 06 Maret 2015

Pizza


Akhirnya saya memutuskan kalo resep pizza ini yang paling cocok diselera saya dan anak-anak. Dulu pernah buat berdasarkan resep dari salah satu blog kuliner terkenal tapi ternyata kurang sesuai dengan selera, rotinya terlalu manis, anak-anak langsung protes. "Bunda...pizzanya koq manis????"
Masa iya sih kemanisan? #sambil nyomot dan ingat-ingat tadi nambahin gula berapa banyak. Sudah sesuai resep koq. "It's ok kids....abisin aja dulu next time kita coba another recipe" ^ _^


Dan berikut resep sesuai yang diinginkan anak-anak. Saya buat dalam versi tipis dan sedikit tebal. Anak-anak suka yang tipis sedang saya suka yang sedikit tebal.

Resep terinspirasi dari postingan mba Vita Citra di grup FB. Disini saya cantumkan sesuai yang saya buat.

Bahan:
  • 500 gr terigu protein tinggi (saya pakai cakra)
  • 3 sdt ragi instant (saya pakai fermifan)
  • 2 sdt gula pasir
  • 50 ml olive oil
  • 2 sdt garam
  • 200 ml air hangat
Topping:
  1. Saus bolognaise
  2. Sosis secukupnya potong-potong
  3. Bawang bombay iris
  4. Jagung manis yang tlah direbus
  5. Saus putih (resep seperti dibawah)
Bahan saus putih (pengganti keju mozzarela):
  • 1 sdt margarin
  • 1 sdm bawang bombay cincang
  • 1 sdm tepung terigu serbaguna
  • 250 ml susu cair (saya cairkan 3 sdm susu bubuk + air hingga menjadi 250 ml)
  • Sedikit garam dan merica
  • 100 gr Keju cheddar parut 

Cara membuat saus putih :
  1. Larutkan susu dengan terigu, sisihkan.
  2. Panaskan margarin, tumis bawang bombay, masukkan larutan susu, merica, garam dan keju, sambil terus di aduk sampai meletup-letup. Biarkan dingin, siap untuk dijadikan topping pizza.
Cara membuat pizza :
  1. Larutkan ragi dengan sebagian air hangat (kira-kira setengah gelas), aduk rata, biarkan 5 menit hingga ragi berbusa.
  2. Di wadah berbeda, masukkan tepung terigu, gula, aduk rata, masukkan larutan ragi dan sisa air hangat, uleni hingga setengah kalis, masukkan olive oil dan garam, uleni hingga kalis elastis.
  3. Bulatkan adonan dan tutup rapat dengan plastic wrap atau serbet lembab, biarkan 40 menit atau hingga mengembang 2 kali lipat dari besar adonan semula.
  4. Kempiskan, bagi menjadi 2 atau lebih sesuai dengan ukuran pizza yang diinginkan, giling adonan menjadi pipih dan tatah di loyang yang telah dioleh margarin
  5. Biarkan selama 10-15 menit, tusuk-tusuk bagian tengah dough dengan garpu, beri toping sesuai selera.
  6. Biarkan lagi hingga terlihat agak mengembang, beri saus putih, panggang hingga matang (kurleb 40 menit dioven tanggkringku)
  7. Angkat, sajikan.

Note : Jangan berpatokan pada jumlah air yang ada pada resep. Lebih baik tambahkan sedikit-sedikit sampai didapat adonan yang pas. Ini based on pengalaman karena sebenarnya diresep awal tercantum 375ml air hangat tapi ternyata saya hanya paka 200 ml saja. Hal ini bisa disebabkan karena kelembaban tepung yang berbeda-beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar