Kamis, 22 Januari 2015

Bolu Kukus Trio



Kue ini sudah sangat populer dikalangan para baker, kombinasi warna bisa dibuat bermacam-macam, yang penting trio. Titik kritikal dalam pembuatannya adalah pengocokan telur harus benar-benar kental, yang apabila mikser diangkat maka adonan turun membentuk pita.  Saya menggunakan emulsifier untuk membantu mengentalkan adonan. Kalau tidak mau menggunakan emulsifier maka gunakanlah telur yang benar-benar fresh, bisa terlihat dari putih telurnya yang masih kental.

Ada sedikit tragedi saat memasak kue ini. Air kukusan hampir habis saat memasak lapisan hijau dan putih. Karena terburu-buru, tanpa mengeluarkan loyang, saya langsung menambahkan air kukusan dari tengah-tengah loyang (saya menggunakan loyang tulban), alhasil air merembes kedalam kue. Lapisan hijau dan putih jadi memadat, meskipun tidak bantat. Hikss...

Untuk pewarna, saya sengaja menggunakan sedikit saja. Walaupun hasilnya terlihat pucat tapi saya merasa lebih aman dan nyaman menyantapnya.

At the end, testimoni saya, kue ini rasanya enak, apalagi disantap saat hangat. Manisnya pas dan gurih santannya juga terasa. Resep saya adopsi dari sini dengan sedikit modifikasi sesuai loyang yang ada. Untuk original resepnya silahkan buka link diatas. Disini yang tuliskan sesuai yang saya buat.

Bolu Kukus Trio 
Bahan :
  • 6 butir telur
  • 170 gram gula pasir
  • 170 gram terigu serba guna
  • 65 ml santan kental (kara)
  • 65 ml minyak sayur
  • 1 sdt emulsifier
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1/2 sdt vanilie bubuk
  • pewarna makanan : merah dan hijau secukupnya

Cara : 

  1. Campurkan terigu dan vanili, ayak lalu sisihkan
  2. Campurkan miyak sayur dan santan, aduk rata
  3. Panaskan kukusan. 
  4. Oles loyang tulban 20cm dengan minyak lalu taburi dengan terigu.
  5. Kocok telur, gula dan emulsifier sampai mengembang dan kental
  6. Kecilkan speed mikser lalu masukkan campuran terigu, kocok sebentar asal rata
  7. Matikan mikser lalu tuang campuran minyak dan santan sedikit2, aduk rata.
  8. Bagi rata adonan jadi 3,satu bagian kasih warna merah, satu bagian kasih warna hijau, satunya tetap putih.
  9. Tuang adonan hijau ke dalam loyang. Kukus selama 10 menit.
  10. Tuang adonan putih ke atas adonan hijau, kukus lagi 10 menit.
  11. Terakhir tuang adonan merah ke atas adonan putih. Kukus selama 15 menit, atau sampai matang.
  12. Angkat, tunggu agak dingin baru dipotong-potong.

Selamat mencoba...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar