Kamis, 15 Januari 2015

Pancake


Ini menu sarapan anak-anak saya tadi pagi. Masaknya simple dan rasanya juga enak. Mau disiram coklat cair, atau saos stroberi bahkan dibuat seperti sandwich tidak akan ada yang menolak.

Untuk kali ini sebagian dibuat seperti sandwich dengan isian telor dadar, saus tomat, mayonase dan saos sambal. Minus sayuran, karena mereka anti dengan sayuran apapun... hiks.... Dan sebagian lagi disiram saos coklat.



Resep pancake ini saya dapat diblog just try & taste Thanks ya mba untuk sharingnya. Untuk original resepnya silahkan buka link diatas. Disini saya tuliskan sesuai yang saya buat.

Pancake
Bahan:
  • 220 gr tepung terigu serba guna (saya pakai segitiga biru)
  • 2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 3 sdm gula pasir
  • 2 butir telur,kocok lepas
  • 270ml susu cair (bisa diganti dengan melarutkan 1 sachet dancow instant kurleb 27 gr dengan air sampai 270 ml)
  • 80 gr margarin, lelehkan
  • 2 sdt white vinegar, bisa diganti dengan air jeruk nipis (saya skip karena lagi kosong)

Cara :
  1. Campurkan semua bahan kering, aduk rata
  2. Campurkan telur dengan susu dan margarin cair lalu aduk sampai rata
  3. Masukkan bahan cair sedikit-sedikit kedalam bahan kering, aduk perlahan sampai tercampur.
  4. Panaskan wajan anti lengket, setelah panas masukkan 1 sendok sayur adonan, Tunggu sampai terbentuk lobang-lobang dipermukaan, lalu balik dan masak sampai kecoklatan Lalu angkat. Demikian seterusnya sampai adonan habis.
Hasil 10 buah dengan menggunakan sendok sayur dengan ukuran kurleb 50 ml

Berikut saya copikan tips-tips dari mba endang just try & taste :
  1. Pisahkan bahan kering dan bahan basah, kemudian dalam mangkuk terpisah campur bahan-bahan kering (terigu, baking powder, garam dan gula), aduk rata untuk menghilangkan gumpalan tepung. Kocok telur dengan menggunakan kawat pengocok atau garpu kemudian tuangkan mentega cair dan susu ke dalam telur, aduk rata. Baru bahan kering  dimasukkan ke dalam kocokan telur dan susu.
  2. Aduk bahan kering dan bahan basah perlahan saja hanya agar tercampur dan basah, jangan terlalu banyak mengaduk. Adukan yang berlebihan akan membuat pancake keras karena ketika terigu menyentuh cairan maka akan segera membentuk gluten. Adukan anda yang berlebihan dan lama akan membuat gluten semakin mengeras.
  3. Adonan yang terbentuk kental, pekat dan jika masih ada gumpalan kecil biarkan saja, adonan pancake memang seharusnya begitu.
  4. Pastikan baking powder yang anda gunakan masih fresh, ini penting untuk membuat pancake anda mengembang sempurna. Jika sudah lewat masa pakainya, buang saja. Karya anda akan rusak hanya karena baking powder yang tidak bekerja maksimal.
  5. Gunakan pan datar bukan wajan cekung, kita akan membuat pancake bukan serabi :). Oleskan sedikit margarine ke pan anti lengket anda, tunggu pan panasnya stabil baru tuangkan adonan pancake di atasnya. Biasanya gorengan pertama hasilnya tidak maksimal karena panas yang belum stabil, tetapi untuk selanjutnya pancake akan sempurna.
  6. Jika telah terbentuk gelembung-gelembung kecil di permukaan pancake, balikkan pancake. Kita akan memasak sisi sebelahnya, dan yang paling penting jangan ditekan. Menekannya tidak akan membuat pancake anda cepat matang. Jadi biarkan pancake matang sendiri supaya menghasilkan pancake yang fluffy, lembut dan sempurna.
  7. Pancake paling lezat ketika baru matang dari penggorengan, saat masih hangat dan sedikit crispy pada permukaannya. Jadi langsung sikat saja pancake saat baru selesai dibuat. 
  8. Untuk menikmatinya anda bisa menambahkan aneka topping diatasnya seperti mentega, madu, selai, ice cream atau saus keju. Yummy!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar